Renungan Suci di TMP Kalibata Dipimpin Langsung Presiden Jokowi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Untuk mengenang jasa para pahlawan dan memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia, apel kehormatan dan renungan suci digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Sabtu 17 Agustus 2019 malam pukul 00.00 WIB.

Apel dan renungan suci itu dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang tiba di lokasi sekitar pukul 23.50 WIB, Jumat 16 Agustus 2019. Bersama Jokowi, hadir juga Wapres Jusuf Kalla dan sejumlah pejabat penting pemerintahan.

Ketika upacara dimulai, seluruh lampu di sekitar TMP Kalibata dipadamkan. Akses jalan menuju makam pahlawan sudah ditutup dan dijaga ketat TNI-Polri.

Presiden Jokowi pun lalu membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci, serta memimpin proses mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur demi kemerdekaan Indonesia.

“Kami yang hadir hari ini, Sabtu 17 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB, pada upacara mengenang jasa arwah para pahlawan nusa dan bangsa yang sudah bersemayam di taman makam pahlawan ini sebanyak; satu, TNI Polri 9081 pahlawan; dua, Badan Perjuangan 859 pahlawan; tiga, Tokoh Nasional 43 pahlawan; empat, tidak dikenal 43 pahlawan. Jumlah total 10.026 pahlawan,” ujar Jokowi sebagai inspektur upacara.

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini