Masjid Istiqlal

MINEWS, JAKARTA - Renovasi Masjid Istiqlal Jakarta yang tengah berlangsung ditargetkan akan rampung pada Maret 2020 mendatang. Kabarnya, target itu harus tercapai agar umat Islam bisa memanfaatkannya untuk bulan suci Ramadhan.

Disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, renovasi Istiqlal meliputi bagian dalam masjid, termasuk juga lansekapnya agar tampak semakin baik.

“Masjid Istiqlal tidak hanya jadi kebanggaan umat Islam, tapi juga bangsa Indonesia,” ujar Menteri PUPR saat meninjau lokasi, Sabtu 20 Juli 2019.

Seperti diketahui, renovasi tersebut adalah perintah dari Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan PM India Narendra Modi yang datang melihat-lihat suasana Masjid Istiqlal pada Mei 2018 lalu. Kemudian, pengerjaan renovasi itu baru terealisasi pada Mei 2019.

Dalam peninjauannya, Menteri Basuki mendapatkan penjelasan mengenai pembersihan seluruh lantai yang saat ini kusam sehingga nantinya lebih berkilap. Dari perhitungan alat glossy meter, setelah dilakukan pembersihan, maka tingkat kilap lantai Masjid Istiqlal menunjukan angka 132 dibanding sebelumnya yakni 32.

Dinding masjid juga dibersihkan, termasuk areah mihrab yang segera diperbaiki tata suaranya, tata cahaya dan tata udara. Hal yang sama juga dilakukan pada Taman Pendidikan Madrasah Istiqlal dan ruang perkantoran di bagian basement.

Lansekap kawasan masjid juga ditata ulang dengan penambahan tanaman dan pot bunga. Sehingga menambah porsi ruang terbuka hijau (RTH) saat ini berkisar 29% menjadi lebih kurang 35%. Sungai yang melintas di depan masjid juga dilakukan pengerukan sedimentasi dan dibuatkan terasering yang dapat menjadi ruang terbuka.