Rencana Inggris Memerangi COVID-19 adalah Bencana dan Keputusan Mengerikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDONRencana awal Inggris untuk memerangi COVID-19 adalah sebuah bencana sekaligus keputusan mengerikan yang menyebabkan pemerintah memberlakukan lockdown, kata mantan penasihat utama Perdana Menteri Boris Johnson, Dominic Cummings.

Cummings, yang meninggalkan staf Perdana Menteri Boris Johnson akhir tahun lalu, membuat komentarnya dalam serangkaian tweet hanya beberapa hari sebelum ia memberikan bukti kepada anggota parlemen tentang penanganan pemerintah Inggris terhadap pandemi.

Sebelum kepergiannya yang tiba-tiba, Cummings telah menjadi penasihat Johnson yang paling berpengaruh di Brexit dan memainkan peran penting dalam kampanye pemilu 2019 yang sukses. Dia juga arsitek kampanye Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Perdana Menteri Johnson, yang telah memberlakukan tiga lockdown selama pandemi virus corona, memuji program vaksinasi Inggris sebagai keberhasilan. Di sisi lain, Inggris menjadi salah satu negara dengan angka kematian akibat virus corona tertinggi di dunia dan mengalami kemerosotan ekonomi yang signifikan.

“Jika kami memiliki persiapan yang tepat plus orang yang kompeten dan bertanggung jawab, kami mungkin dapat menghindari lockdown pertama, pasti, sehingga kami tidak perlu lockdown kedua dan ketiga, ” tulis Cummings dalam akun Twitter-nya, melansir Reuters, Minggu, 23 Mei 2021.

Pemerintah Inggris mengatakan, ada berbagai pelajaran yang dapat dipetik dari pandemi virus corona sejak menghadapi tuduhan lambannya menerapkan kebijakan lockdown.

“Rencana awal kami salah & kami berubah ketika kami menyadarinya,” sambung Cummings.

Kantor Johnson di Downing Street mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kekebalan kawanan tidak pernah menjadi tujuan kebijakan atau bagian dari strategi virus corona di Inggris.

“Tanggapan kami setiap saat difokuskan pada penyelamatan nyawa dan memastikan NHS (Layanan Kesehatan Nasional) tidak kewalahan. Kami terus dipandu oleh nasihat ilmiah terbaru,” tuntasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini