Rekor Dunia Tercipta di PON Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – PON Papua tak hanya mengundang kekaguman karena semaraknya acara. Pesta olahraga terbesar Tanah Air tersebut bahkan sukses menciptakan rekor dunia.

Tercatat sebanyak tiga rekor dunia lahir di PON Papua. Masing-masing adalah lifter putri Jawa Barat, Tsabita Alfiah R yang memecahkan rekor dunia junior angkat besi. Tsabita yang turun di kelas 67 kg membuat total angkatan 212 kg memperbaiki rekor lama atas namanya sendiri di Tashkent, Uzbekistan, 2021, seberat 204 kg.

Dua rekor lainnya ia dapatkan di angkatan snacts dan clean and jerk. Tsabita berhasil melakukan angkatan 97 kg di nomor snacts, lebih berat 5 kg dari rekor dunia juniornya. Kemudian di angkatan clean and jerk Tsabita berhasil mengangkat beban 115 kg memecahkan rekor atas namanya 114 kg.

Selain rekor dunia, PON Papua juga menghasilkan sebanyak 90 rekor PON atau rekor tingkat nasional. Rekor terbanyak dipecahkan di cabang renang dengan 28 rekor yang tercipta. Selain renang dan angkat besi, beberapa rekor nasional lainnya juga tercipta di cabang atletik, selam, menembak, dan angkat berat.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengapresiasi capaian atlet di PON Papua. Menurutnya, banyaknya rekor yang tercipta menjadi tolak ukur keberhasilan PON meski digelar di masa pandemi.

“PON XX menjadi momentum persatuan bangsa Indonesia oleh masyarakat Papua melalui olahraga prestasi. Itu membuktikan Papua bagian tidak terpisahkan dari Indonesia,” kata Marciano, Jumat, 15 Oktober 2021.

Marciano mengatakan, selama berlangsungnya PON Papua tidak terjadi gangguan keamanan yang mengganggu perlombaan.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengatakan, infrastruktur olahraga di empat klaster penyelenggaraan PON Papua harus dapat bermanfaat sebagai sarana pembinaan atlet-atlet muda Papua setelah pesta olahraga empat tahunan itu berakhir.

Kendati pengelolaan venue PON oleh pemerintah daerah setempat, pihaknya bersama KONI Pusat akan mengajak para pengurus cabang olahraga untuk dapat menggunakannya sebagai arena kejuaraan berskala nasional atau internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini