Home Headline Rekam Jejak Brigjen Edmil Nurjamil, Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN yang...

Rekam Jejak Brigjen Edmil Nurjamil, Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN yang Baru

0
3148
Brigjen Edmil Nurjamil (ketiga dari kanan) saat masih menjabat sebagai Kabinda Sumatera Selatan dalam acara sosialisasi peningkatan rasa solidaritas dan ikatan sosial di kalangan Masyarakat. Dengan Tema “Bersama Pemerintahan Daerah, Ormas/LSM Siap Membangun OKU Timur”, Kesbangpol OKU Timur, 23 November 2017 (radarpalembang.com)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, merombak jajaran perwira tingginya. Total ada 12 perwira tinggi TNI AD, 3 perwira tinggi TNI AU, dan 1 perwira tinggi TNI AL yang digeser.

Salah satunya ada nama Brigjen TNI Edmil Nurjamil, SE, MM. Edmil yang sebelumnya menjabat sebagai Karo SDM Settama BIN akan ditugaskan sebagai Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN. Posisinya kini digantikan oleh Kolonel Inf Asep Jauhari Puja Laksana dari Agen Madya pada Binda Sumatera Utara BIN.

Edmil adalah sosok yang cukup berpengalaman dalam bidang intelijen. Karirnya pun dirintis secara perlahan dari bawah.

Ia juga dikenal sebagai perwira tinggi TNI yang disiplin dan berpegang teguh pada prinsip saat bertugas. Hal ini terlihat saat masih menjabat sebagai Asisten Intel Komandan Paspampres.

Namanya sempat disorot, kala anak buahnya mengusir politisi PDIP Adian Naputupulu yang akan menghadiri acara Jokowi yang baru saja terpilih menjadi presiden di tahun 2014. Kala itu Adrian mengenakan jaket kulit yang dinilai tak layak dipakai saat menghadiri acara kepresidenan.

Meski pada akhirnya Edmil secara ksatria menyampaikan permohonan maaf. Namun, ia tetap berpegang teguh pada prinsip bahwa keamanan dan penerapan SOP tetap harus dijalankan.

Artinya siapa pun yang mengenakan jaket kulit, saat mengikuti acara kepresidenan wajib diperiksa secara ketat untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Pada tahun 2017, dia pun berkelana ke Pulau Sumatera. Di sana, ia menjabat sebagai Kabinda Sumatera Selatan BIN. Posisi ini diembannya sejak Mei 2017 hingga Juli 2018.

Kemudian Juli 2018, ia dipromosikan menjadi Direktur Kontra Separatisme Deputi III bidang Kontra Intelijen BIN hingga 31 Oktober 2019.

Karirnya pun kian moncer, Edmil kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Biro SDM Settama BIN hingga 20 April 2020. Sementara posisi lamanya digantikan oleh Kolonel Inf Joni Triman Hasibuan dari Agenda Madya pada Ditrendalgiatops Deputi II Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN.

Kini ia diberi mandat untuk menjabat sebagai Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN. Selamat bertugas jenderal!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here