MINEWS.ID, GARUT – Jika hari ini 23 Juni 2019 kamu tidak bisa bertemu teman yang bernama Asep, mungkin dia sedang mengikuti halal bihalal pemilik nama Asep di Pendopo, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pemilik nama Asep di Garut kini berjumlah 6000 orang.

Ketua panitia yang juga Ketua Paguyuban Asep se-Priangan Timur, Asep Jaelani mempersilakan siapa saja yang bernama Asep silakan hadir di acara tersebut.

“Siapa saja yang bernama Asep silakan datang,” kata Asep Jelani di Garut.

Peserta tidak hanya berasal dari Garut, tetapi akan dihadiri dari beberapa daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Sumatera dan daerah lainnya.

Nama Asep, menurut Asep Jelani, paling banyak dipakai orang Sunda. Kini nama itu menjadi kebanggan tersendiri bagi penyandangnya karena selain ungkapan kasih sayang orang tua, nama itu membawa kekhasan tersendiri yaitu Sunda.

Menurut catatan Paguyuban nama Asep, hingga kini di Garut saja ada lebih dari 6000 orang bernama Asep. Sementara yang tergabung dalam Paguyuban hanya sekitar 2000 orang.

Selain halal bihalal banyak kegiatan yang dilakukan perhimpunan Asep tersebut, antara lain Konferensi Asep-Asep di Bandung tahun lalu.