Ratusan Kandidat Kepala Daerah PDIP Ikuti Tes Kelayakan, Ada Gibran?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JATENG – Menghadapi pilkada serentak 2020 mendatang, PDIP melakukan uji kepatutan dan kelayakan untuk 173 kandidat kepala daerah di semua wilayah Jawa Tengah yang maju melalui partai Banteng Moncong Putih tersebut.

Semua 173 kandidat itu sebelumnya telah mendaftar di tingkat DPC hingga DPD PDIP Jateng. Namun, belum diketahui apakah putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, ikut dalam fit and proper test tersebut.

Gibran nekat maju Pilkada Solo melalui jalur PDIP. Meskipun banyak pihak yang menentangnya, Gibran juga mendulang dukungan tak sedikit dan kini nasibnya bakal ditentukan DPP PDIP.

“Dari total 219 calon kepala daerah yang sudah mendaftar di PDIP, baik di DPC maupun di DPD, sudah 173 orang yang mengikuti ‘fit and proper test’ pada hari ini,” kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Abang Baginda Hasibuan di Semarang, Sabtu 21 Desember 2019.

Ia menjelaskan uji kepatutan dan kelayakan bagi para kandidat kepala daerah yang berlangsung di kantor DPD PDI Perjuangan Jateng itu merupakan penjaringan tahap pertama untuk memudahkan DPP dalam memeriksa berkas pendaftar.

Menurutnya, setelah uji kepatutan dan kelayakan ini, DPD PDI Perjuangan Jateng akan menggelar rapat yang hasilnya akan diserahkan ke DPP.

“Penjaringan terakhir sampai tahapan rekomendasi ada di DPP PDI Perjuangan,” ujarnya.

Sebelumnya, DPD PDI Perjuangan Jateng telah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah yang akan memperoleh rekomendasi partai agar bisa maju pada pilkada serentak di 21 kabupaten/kota pada 2020. Pendaftaran bakal calon dibuka pada 6-12 Desember 2019 dan diperuntukkan bagi para kandidat yang belum mendaftar di DPC.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini