Ramah Lingkungan, Produksi Beras Organik di Sulut Terus Ditingkatkan Pemerintah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi mengatakan Kementerian Pertanian mendorong produksi beras organik ramah lingkungan untuk meningkatkan produk komoditas bernilai tambah dan berdaya saing di pasar dunia.

“Saat ini konsep organik telah banyak direplikasi daerah, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di pedesaan dan nasional. Organik mampu menjaga ekosistem kita, memperbaiki struktur tanah, menyehatkan dan memberi nilai tambah,” kata Suwandi.

Saat ini, salah satu daerah yang berkomitmen mengembangkan budi daya padi organik ramah lingkungan adalah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Plh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut, Wilhemina Pangemanan menyebutkan salah satu yang menjadi prinsip dalam pengembangan beras organik adalah prinsip lingkungan.

Prinsip tersebut menjaga dan meningkatkan keseimbangan dalam ekosistem, mencegah eksploitasi berlebih, dan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang terbarukan.

“Adanya pengembangan beras organik di Sulut meningkatkan pendapatan petani di Sulut,” katanya.

Perwakilan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Sulawesi Utara, Johanis Wowor mengatakan beras organik bersangkutan dengan pertanian organik yang menjadi jawaban bagi petani untuk meningkatkan kemandirian petani, misal sebagai solusi dari tingginya harga pupuk kimia saat ini.

Pertanian organik, kata dia, tak membutuhkan pupuk buatan pabrik sehingga bila dikombinasikan dengan bidang peternakan, pengadaan pupuk bisa diupayakan sendiri. Pupuk organik juga lebih ramah lingkungan dibanding pupuk non organik.

“Dengan tak adanya ketergantungan terhadap pupuk pabrik, petani bisa lebih mandiri dan hemat modal. Dengan kemandirian, posisi tawar petani juga lebih kuat,” katanya.

James Massie salah seorang petani padi organik menyatakan pentingnya menambah nilai pada produk agrikultur melalui industri makanan sehat.

Diperlukan riset dan pengembangan untuk meningkatkan nilai tambah produk. Pengembangan juga diperlukan pada Sumber Daya Manusia yang ada untuk penerapan inovasi.

“Beras organik membuka peluang bagi petani dan peternak untuk saling bekerja sama dan meningkatkan nilai jual dari hasil produksinya. Selain itu produk yang dihasilkan memiliki keunggulan tersendiri karena lebih sehat dan ramah lingkungan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini