Ramadan 2021 Jadi Momentum Pemulihan Industri Makan dan Minum

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ramadan dan Lebaran tahun ini diharapkan jadi momentum pemulihan di sektor industri makanan serta minuman. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman.

Pasalnya, penjualan makanan dan minuman normalnya bisa meningkat sekitar 30 persen pada saat Ramadan dan Lebaran. Beberapa kategori pangan untuk berbuka puasa maupun momen hari raya bahkan meningkat sampai 100 persen.

“Tahun lalu tidak ada kenaikan bahkan turun. Kita harap ini jangan sampai terjadi di 2021 ini, karena kalau dua tahun terus begini cukup berat,” katanya dalam dialog virtual “Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan dan Lebaran”, Senin 12 April 2021.

Adhi mengatakan saat ini tanda-tanda pemulihan sudah mulai terlihat. Hal itu ditunjukkan dari Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia yang pada Maret 2021 mencatat posisi tertinggi sebesar 53,2.

Menurut dia, dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 28, capaian tersebut mendorong optimisme untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Pertumbuhan ritel pada tahun lalu pun anjlok, padahal pada periode kuartal II yang berbarengan dengan puncak Lebaran itu seharusnya jadi momentum puncak penjualan produk makanan dan minuman.

Namun, mengawali 2021 ini, Adhi mengatakan pemulihan mulai dirasakan, baik dari perbaikan PMI serta mulai meningkatnya permintaan ritel.

“Mulai Januari kemarin banyak ritel yang sudah minta stok dikirim untuk persiapan puasa dan Lebaran, demikian juga pasar tradisional. Ini kita lihat ada harapan di 2021 ini,” katanya.

Adhi berharap, kebijakan pelarangan mudik atau pembatasan aktivitas tidak akan menghalangi proses pemulihan.

Namun, jika memang pelarangan dan pembatasan tetap harus dilakukan, pihaknya tetap mencari jalan keluar agar stok yang dimiliki industri bisa tetap terserap ke pasar.

“Kita harap ada strategi-strategi yang akan kita jalankan, antara lain misalnya kita ingin gairahkan agar yang tidak bisa mudik bisa membelanjakan uangnya untuk makanan dan minuman kerabat di kampung,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini