Rajut Keberagaman, Kontribusi Ormas Islam Penting

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kehadiran ormas Islam sangat penting untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama. Salah satunya dengan mengkampanyekan penghormatan atas keberagaman di Indonesia. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin menilai bahwa keberadaan ormas Islam karena sudah berkontribusi untuk merajut keberagaman.

“Ormas islam sudah kontribusi sudah merajut keberagaman pluralitas Indonesia rekat dengan ormas ini,” kata Kamaruddin dalam Webinar Kebangsaan bertema ‘Peran Ormas Islam Dalam Memperkokoh Nilai-Nilai Kebangsaan di Masa Pandemi’, Sabtu 20 Februari 2021.

Ia juga menekankan bahwa ormas Islam juga berperan penting dalam menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan salah satunya membangun toleransi antar sesama umat Islam dan seluruh anak bangsa.

Melihat hal ini, ormas Islam dinilai mampu untuk membangun sebuah kerukunan umat beragama di tengah situasi dan kondisi bangsa yang beraneka ragam suku, agama dan budaya. Pada akhirnya, hal ini pun membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu menerjemahkan arti dari keberagaman.

“Indonesia pantas mengartikulasikan keberagaman Islam makanya kita promosikan realitas keberagaman bangga,” kata Kamaruddin.

Maka dalam merealisasikan hal ini pemerintah serta ormas Islam harus terus bersinergi untuk mengawal kerukunan antar umat beragama. Mengingat paham-paham radikalisme juga mulai muncul dan berpotensi mengancam keutuhan bangsa.

Kementerian Agama sejauh ini terus menggandeng ormas dan Lembaga Dakwah Islam untuk mewujdukan visi pembangunan Indonesia maju dalam bidang keagamaan.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini