Rabu Dini Hari, Masjid Jakarta Selenggarakan Shalat Khusuf

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Rabu dini hari langit Jakarta dilintasi gerhana bulan parsial. Masjid-masjid di Jakarta ramai-ramai menyelenggarakan shalat khusuf atau shalat gerhana.

Setidaknya tercatat Masjid Istiqlal dan Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) Jakarta Utara melakukannya sebelum shalat subuh, Rabu 17 Juli 2019. Shalat khusuf di Istiqlal dipimpin Imam Besar Nasaruddin Umar

Sementara di Masjid Raya JIC shalat dimulai sekitar pukul 03.40 WIB seperti diungkapkan Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Jakarta Islamic Center (JIC) Rakhmat Zailani Kiki melalui pernyataan tertulisnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat Islam Indonesia melaksanakan shalat khusuf atau shalat gerhana bulan dan melakukan khutbah menyambut gerhana tersebut.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin mengatakan berdasarkan data astronomis gerhana bulan parsial tersebut terjadi pada Rabu 17 Juli 2019, tepatnya mulai pukul 03:01 WIB.

Puncak gerhana yang bisa diamati di hampir seluruh wilayah Indonesia terjadi pada pukul 04:30 WIB dan akan berakhir sekitar pukul 05:59 WIB, Rabu 17 Juli 2019.

Sebelum melaksanakan shalat khusuf, Muhammadiyah Amin juga mengimbau kepada umat Islam untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal amal kebajikan lainnya. Kemenag juga mengimbau umat Islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini