Quraish Shihab: Muslim Boleh Ucapkan Selamat Natal, Ini Dalilnya di Alquran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Memasuki akhir tahun, selalu ada perdebatan mengenai halal dan haram pengucapan selamat natal yang dilakukan oleh umat muslim.

Pemuka agama Quraish Shihab mengatakan bahwa boleh memberikan ucapan Selamat Natal pada mereka yang merayakan. Asal ucapan itu tak mengubah akidah umat muslim yang mengucapkan.

“Bahkan kalau saya ingin berkata ‘Selamat Natal’ itu di Al-Qur’an ada ‘Selamat Natal’. Yang pertama mengucapkannya Isa AS, di Quran jelaskan saat lahir dia mengatakan ‘salam sejahtera bagiku pada kelahiranku’ (QS Maryam 19:23). Itu kan ‘Selamat Natal’,” ujar Quraish Shihab dalam Youtube GuzZ TV berjudul hukum mengucapkan selamat natal menurut Prof Quraish Shihab pada Senin 14 Desember 2020.

Quraish mengatakan, ucapan itu boleh saja dilontarkan, asal umat muslim mempercayai Isa AS sebagai Rasulullah, bukan anak Allah.

Dalam video itu, Quraish menyebut fenonema perdebatan ucapan ‘Selamat Natal’ hanya terjadi di Asia Tenggara.

“Kita hidup damai. Saya tidak sependapat dengan yang melarang. Terlalu sempit pikirannya. Boleh berkelompok tapi jangan berkelahi dan berselisih,” ujar dirinya.

“Allah mau kita berbeda, tapi dia tidak mau kita bertengkar. Kalau Allah mau kita sama, Quran tidak bisa mengandung penafsiran yang berbeda-beda. Semua bisa benar, semua bisa salah,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini