Kemacetan di jalur Puncak Bogor
ilustrasi Kemacetan di jalur Puncak Bogor

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hari kedua libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kawasan Puncak, Bogor diserbu wisatawan. Hal itu diikuti dengan volume kendaraan dari Jakarta menuju Puncak meningkat pada Kamis 29 Oktober 2020.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda mengatakan, pagi ini ada peningkatan volume kendaraan dibanding hari sebelumnya. Untuk mengurai kemacetan, sistem satu arah (one way) dari Jakarta menuju Puncak pun diberlakukan sejak pukul 08.00 WIB.

Namun ia belum bisa memastikan sampai pukul berapa jalur dari arah Cianjur-Puncak  menuju Jakarta dibuka kembali. Tetapi, kepadatan selepas pintu tol dan Simpang Gadog terpantau mulai terurai setelah diberlakukan one way.

“Kita lakukan situasional. Apabila sudah lancar, jalur kita normalkan kembali dua arah,” katanya.

Begitu pula di beberapa ruas Jalan Raya Puncak, terpantau tidak ada antrean panjang. Kepadatan hanya terjadi di kawasan Pasir Muncang hingga Simpang Gadog.

“Hambatan hanya terjadi di Pasir Muncang dekat Masjid Harakatul Jannah karena bottleneck,” kata Fitra.

Dia memprediksi puncak arus kepadatan di Jalur Puncak akan terjadi pada Sabtu karena ada pertemuan arus kendaraan wisatawan menuju Puncak dan arus balik ke Jakarta. Karena itu, pengendara khususnya pesepeda motor diimbau untuk tertib berlalu lintas.

Fitra juga menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona (Covid-19) selama dalam perjalanan maupun saat liburan.

“Kami harap pengendara bersabar, berada di jalurnya dan patuhi arahan petugas di lapangan,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here