Pulihkan Sektor Pariwisata, Sandiaga Uno Gelar Ajang Sport Tourism di Destinasi Super Prioritas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Gebrakan besar langsung diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk menarik wisawatan datang dengan mengelar event wisata berbasis olahraga atau sport tourism.

Rencananya event tersebut akan dilakukan di lima destinasi super prioritas, bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Lima destinasi wisata super prioritas yang saat ini sedang fokus dikembangkan oleh pemerintah adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Sandiaga mengatakan, penyelenggaraan event tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memulihkan sektor pariwisata domestik sekaligus mengimplementasikan konsep wisata berkualitas.

Saat ini, Kemenparekraf telah memetakan beberapa daerah yang akan menjadi tuan rumah event-event dari berbagai cabang olahraga.

“Saya dapat komitmen dari komunitas golf, sudah ada tiga daerah yang dicalonkan yakni Bali, Jakarta, dan ada satu lagi. Saya minta kenapa nggak ditambah lagi? Kenapa cuma tiga? Kenapa nggak lima? Ditambah Yogyakarta dan Kepulauan Riau,” ujarnya.

Untuk cabang olahraga triathlon diselenggarakan di Danau Toba dan Labuan Bajo. Sementara untuk event marathon hanya digelar di satu daerah.

Sandiaga mengatakan, rencana ini masih dapat berubah karena Indonesia dinilai telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya melalui program Cleanliness, Safety, Health, Environmental Sustainability (CHSE).

Di samping itu, Indonesia juga memiliki potensi wisata olahraga yang sangat besar untuk dikembangkan.

“Maka dari itu saya memberikan challenge, memberikan tantangan kepada komunitas kalau rencana ini harus ditingkatkan. Karena protokol kesehatan yang sudah ditempuh oleh masing-masing cabang olahraga sudah sesuai dengan CHSE,” kata Sandiaga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini