Pulihkan Ekonomi Lewat Desa Wisata

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Program Anugerah Desa Wisata 2021 yang di gulirkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjadi salah satu cara untuk pemulihan ekonomi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mengatakan bahwa program penobatan Anugerah Desa Wisata Indonesia ini menjadi salah satu cara untuk memulihkan perekonomian Indonesia, khususnya di sektor industri pariwisata.

Selain itu, program tersebut dilakukan agar desa-desa yang ada di Indonesia bisa menjadi destinasi wisata yang berdaya saing dan dikenal secara mendunia.

“Program ini meningkatkan perekonomian lokal guna menyejahterakan masyarakat desa. Dan bertujuan untuk menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing,” kata Uno.

Dalam program ini kemenparekraf mengangkat tema yang bertajuk “Indonesia Bangkit”. Diharapkan tema ini dapat mendorong para pelaku wisata dan industri kreatif untuk menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa.

”Program ini diharapkan dapat mendorong semua pelaku wisata dan industri kreatif untuk dapat menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat dan bangkit kembali dari dampak Covid-19,” katanya.

Sandi menjelaskan, pengembangan desa wisata menitikberatkan pada pengembangan pariwisata berkelanjutan yang berfokus kepada tiga aspek, yakni berkelanjutan, sosial lingkungan, dan ekonomi.

Kemudian, penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 nantinya didasarkan atas empat pilar. Di antaranya pilar tata kelola, ekonomi lokal, budaya, dan pelestarian lingkungan. Sedangkan untuk kategori penilaian meliputi homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, content kreatif, dan daya tarik wisata.

“Anugerah Desa Wisata 2021 ini diperuntukkan bagi semua masyarakat desa dan pelaku ekonomi kreatif yang berkembang dalam pengembangan desa wisata,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini