Pulau Kreta, Yunani Diguncang Gempa Bermaginitudo 6,5

Baca Juga

MATA INDONESIA, ATHENA – Pulau Kreta, Yunani diguncang gempa berkekuatan hingga 6,5 ​​skala Richter. Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) melaporkan bahwa gempa tersebut memiliki kedalaman 1,24 mil.

Gempa pertama kali dirasakan sekitar pukul 09.15 pagi waktu setempat. Belum ada laporan mengenai korban luka atau meninggal dunia, tetapi pihak berwenang setempat mengatakan dua orang terjebak di bangunan yang rusak.

EMSC melaporkan gempa berkekuatan 5,6 melanda pulau itu beberapa menit sebelum insiden yang lebih besar terjadi – dengan getaran juga dirasakan setelahnya. Dilaporkan empat gempa bumi tercatat di Pulau Kreta dalam waktu sekitar 45 menit.

Institut Geodinamika Athena menempatkan gempa terkuat di 5,8, sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menempatkannya di 6,0. Bukan hal yang aneh bagi organisasi yang berbeda untuk mempublikasikan tindakan yang bertentangan segera setelah gempa bumi terjadi.

Pusat gempa terbesar berada sekitar 25 km dari ibu kota Heraklion, menurut EMSC, meskipun laporan lain menunjukkan itu lebih dekat. Organisasi tersebut menambahkan bahwa pusat gempa berada 4 mil di utara desa Thrapsano.

Media lokal di Pulau Kreta melaporkan beberapa tempat mengalami kerusakan, terutama dengan runtuhnya dinding bangunan batu tua di desa-desa dekat pusat gempa di bagian timur pulau itu.

Walikota Heraklion, Vassilis Lambrinos mengatakan kepada televisi Yunani Skai bahwa tidak ada laporan langsung dari layanan darurat tentang cedera atau kerusakan parah, melansir Metro.

Para turis yang tengah menikmati liburan di pulau tersebut mengaku kaget. Beberapa di antara mereka memutuskan untuk kembali ke negara masing-masing.

“Hanya berkemas untuk terbang pulang. Baru saja mengalami getaran/gempa bumi yang sangat kuat di Kreta!!” tulis Pete Goodwin dalam akun Twitter.

“S*** aku bangun!! Setengah lainnya menangis,” kata pengguna lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini