ilustrasi trem akan dibangun di Kota Bogor oleh PT INKA

MINEWS, JAKARTA-Rencana pengadaan trem oleh pemerintah Kota Bogor terus dimatangkan. Wali Kota Bogor, Bima Arya mengungkapkan bahwa nanti yang akan membangun sarana dan prasarana seperti jalur trem adalah PT INKA.

Dirinya, sudah melakukan pembahasan dengan Dirut PT INKA dan jajarannya, soal rencana pembangunan prasarana trem.

Mengenai anggaran prasarana trem, PT INKA menyebutkan bahwa dibutuhkan anggaran sekitar Rp 100 miliar meliputi pembangunan stasiun, stasiun charger, dan lain sebagainya.

Rencananya, kata Bima akan dibangun sebanyak 12 halte dengan jalur trem sepanjang 7,7 kilometer. Nantinya, dalam durasi 1 jam operasional, trem mampu mengangkut 1.200 penumpang.

Sementara untuk pengadaan trem, Bima mengaku bahwa opsi yang ada cukup banyak. Selain hibah dari Belanda, pilihan lain yakni trem yang dibuat PT INKA.

Bima menilai, trem hibah dari Belanda jika dilihat dari segi biaya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk mengangkutnya ke Kota Bogor. Sementara trem PT INKA, selain buatan dalam negeri juga dinilai lebih murah dari segi anggaran yang dibutuhkan.

Menurutnya, yang membedakan trem buatan PT INKA dengan trem hibah dari Belanda adalah sumber energi yang digunakan, yaitu baterai bukan menggunakan listrik. Jadi lebih menarik dan lebih simpel dan sesuai konsep kota Bogor Heritage City.