Program Padat Karya Tingkatkan Daya Beli Masyarakat Kelas Bawah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ekonom Josua Pardede mengatakan bahwa program padat karya merupakan solusi tepat untuk memulihkan sektor perekonomian. Selain itu, program padat karya juga berpotensi meningkatkan daya beli masyarakat kelas bawah.

“Program padat karya ini harus diberikan karena yang masih dirumahkan atau menganggur bisa bekerja lagi, sehingga pendapatan yang kita harapkan juga dapat meningkat,” kata Josua Pardede, Jumat, 5 Maret 2021.

“Selama ini program pemerintah sudah benar tetapi perlu digenjot lagi. Kalau bisa (padat karya) diberdayakan karena saya pikir ini akan sangat membantu untuk (masyarakat) yang 40 persen ke bawah,” ucapnya.

Menurut Josua dengan menggiatkan program padat karya membantu pemerintah yang tengah mengkaji untuk membuka kembali sejumlah sektor perekonomian yang tidak terlalu berimbas pandemi virus corona.

“Pertanian kan penyerapan tenaga kerjanya besar, jadi mungkin untuk program padat karya bisa diarahkan ke sana, infrastruktur juga bisa,” katanya.

Sebagai catatan, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 18,44 triliun untuk program padat karya yang diselenggarakan di empat Kementerian/Lembaga (K/L) dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Keempat K/L yang mendapat alokasi anggaran untuk program padat karya tunai ini adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), serta Kementerian Pertanian (Kementan).

Program padat karya ini diadakan untuk memberikan penghasilan sementara bagi pekerja harian yang kehilangan pendapatan. Selain itu, program padat karya ini juga bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di pedesaan. Adapun prioritas utama dari program padat karya ini diberikan kepada keluarga kurang mampu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini