Produk UMKM Indonesia Sasar 20 Negara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketua Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional, Jakarta, Dr. Irma Indrayani SIP MSi mengatakan, banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mampu bertahan meski dihantam pandemi virus corona.

Menariknya, dalam beberapa waktu belakangan justru bermunculan UMKM baru. Terutama para pekerja yang terkena PHK yang kini beralih profesi menjadi pelaku UMKM.

““Upaya globalisasi harus makin digencarkan terhadap 64 juta UMKM di Indonesia, karena angka tersebut mencapai 99% dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia,” kata Dr. Irma Indrayani SIP MSi.

“Saat ini total ada sekitar 12,234 UMKM eksportir atau sekitar 83 persen dari jumlah eksportir,” sambungnya.

Namun, diungkapkannya bahwa UMKM juga menghadapi permasalahan lain, yakni tantangan menembus pasar global, peralihan bisnis dari konvensional menjadi digital, pengendalian inflasi yang memiliki pengaruh terhadap harga produk UMKM, daya beli masyarakat, hingga terbatasnya akses untuk menembus platform digital.

Peran pemerintah pun diperlukan demi memuluskan para pelaku UMKM, seperti permodalan misalnya. Mengingat UMKM dapat menjadi salah satu solusi untuk memulihkan dan membangkitkan sektor ekonomi Indonesia yang dihantam pandemi virus corona.

Selain itu, UMKM harus didukung sejak mulai dari masalah legalitas/perizinan, asesmen pasokan, pengembangan produk dan pengembangan kemasan produk, sertifikasi/labelisasi produk, branding/promosi, transaksi dan pengiriman, hingga masalah relasi dengan relasi dengan pelanggan.

“Harus didampingi dari mulai hilir hingga ke hulunya. Sejauh ini ada 20 negara yang jadi tujuan ekspor produk UMKM Indonesia, mulai dari China, AS, Jepang, India, Singapura, Korea Selatan, Belanda, Jerman, Australia, hingga Hongkong, Italia, dan Spanyol,” tutur Rusyadi Maryam yang merupakan Human Capital Division Head di PT Sucofindo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini