Presiden Putin Khawatir Kematian Akibat Virus Corona di Rusia Meningkat

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Presiden Rusia, Vladimir Putin turut prihatin atas meningkatnya angka kematian yang disebabkan oleh infeksi virus corona. Meski demikian, Putin memastikan bahwa wabah virus corona di Rusia sudah terkendali.

Moscow baru-baru ini mencatat peningkatan tajam kasus infeksi virus corona. Tetapi Presiden Putin takkan menerapkan kebijakan new lockdown atau pembatasan ketat seperti yang diberlakukan di sejumlah negara di Eropa.

Pejabat Kesehatan Rusia melaporkan total 1,99 juta infeksi virus corona pada Rabu (18/11). Jumlah ini membuat Rusia menjadi negara tertinggi kelima di dunia dengan kasus virus corona.

“Jumlah kasus baru meningkat… dan yang paling mengkhawatirkan –angka kematian juga meningkat,” kata Putin, melansir WION, Kamis, 19 November 2020.

Otoritas Kesehatan Rusia juga melaporkan rekor baru, yakni 456 kematian akibat virus corona selama 24 jam! Sementara total kematian akibat virus corona di Rusia yakni 34,387, jumlah ini terbilang rendah dibandingkan dengan negara-negara lain yang terkena dampak parah.

Data yang diterbitkan oleh layanan statistik federal Rusia awal bulan ini menunjukkan angka kematian sebanyak 117 ribu, yang terjadi antara Maret hingga September. Jumlah ini menunjukkan bahwa kematian akibat virus corona ini dapat jauh lebih tinggi.

Moscow yang notabene episentrum wabah di Rusia, lebih siap untuk menghadapi gelombang kedua, ketimbang daerah-daerah lain yang kekurangan dana. Presiden Putin sendiri mengakui bahwa beberapa daerah mengalami kekurangan obat-obatan dan waktu tunggu yang lama untuk ambulans.

Presiden Putin juga meminta kepala daerah tidak menutupi fakta di lapangan, dengan mengatakan semuanya baik-baik saja.

“Kami melewati ini di musim semi. Kami tahu apa dan bagaimana itu perlu dilakukan,” sambungnya.

Rusia mendaftarkan vaksin virus pertama di dunia Sputnik V- pada Agustus lalu. Nama ini terinspirasi dari satelit era Soviet. Sejak saat itu, pengembangnya melaporkan bahwa hasil tes sementara menunjukkan vaksin tersebut 92% efektif. Putin juga mengumumkan, Rusia telah mendaftarkan vaksin virus corona kedua yang dinamai EpiVacCorona bulan Oktober.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini