Presiden Jokowi Senang Jurusnya Hadapi Karhutla Sukses Berat

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Presiden Jokowi senang konsep gotong-royongnya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia berhasil dengan sangat baik, sukses berat. Saat ini dia sudah bisa merasakan hasilnya karena udara di sejumlah wilayah terdampak karhutla jauh lebih baik dan sehat sekarang.

“Kerja keras para Manggala Agni, jajaran TNI dan POLRI, BPPT dan BMKG, BNPB, serta BPBD dan Masyarakat Peduli Api di Sumatra dan Kalimantan telah menunjukkan hasil. Alhamdulillah, sepekan terakhir, kebakaran hutan dan lahan telah berkurang jauh,” kata Presiden Jokowi, Jum’at 4 Oktober 2019.

Bahkan berdasarkan citra satelit Modis-catalog LAPAN pada Senin 30 September 2019, pukul 18.00 WIB menunjukkan kualitas udara membaik seiring dengan turunnya jumlah titik panas (hotspot) di Sumatra dan Kalimantan.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau lebih dikenal sebagai hujan buatan berlangsung baik di Sumatera maupun di Kalimantan.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, kecenderungan titik panas yang turun harus terus dipertahankan sehingga masyarakat dapat menghirup udara sehat dan beraktivitas di luar rumah.

Hujan yang turun secara optimal dapat dimanfaatkan untuk membasahi gambut dengan sekat kanal dan embung.

Menurut Agus lahan gambut harus dikembalikan ke kodrat alamnya yaitu basah dan berair sehingga tidak mudah terbakar.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini