Presiden Jokowi: Saya Sampaikan, PPKM Tidak Efektif!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dengan tegas menyatakan, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pulau Jawa-Bali tidak efektif untuk menekan angka kasus Covid-19.

Jokowi berkata, apa yang ia sampaikan ini adalah jujur dan apa adanya. Alasannya, PPKM tidak efektif karena mobilitas masyarakat masih tinggi, sehingga berdampak pada kenaikan angka kasus corona di berbagai provinsi.

“Saya ingin menyampaikan mengenai yang berkaitan dengan PPKM, tanggal 11-25 Januari, kita harus ngomong apa adanya, ini tidak efektif,” kata Jokowi, Minggu 31 Januari 2021.

Presiden menjelaskan, inti dari PPKM sebenarnya adalah mengurangi atau mencegah mobilitas masyarakat. Namun, ia menyebut dalam implementasinya, perangkat yang menggerakkan kebijakan ini tidak tegas/

Bagi Jokowi, ketegasan dan konsistensi dari penerapan kebijakan tersebut sangat dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

“Esensi dari PPKM ini kan membatasi mobilitas, tetapi yang saya lihat di implementasinya ini kita tidak tegas dan tidak konsisten,” ujar jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menunjukan bahwa PPKM berdampak pada penurunan ekonomi. Ia mengatakan, masalah penurunan ekonomi tidak perlu dikhawatirkan, selama PPKM mampu menekan kasus positif Covid.

“Ada PPKM ekonomi turun. Sebetulnya enggak apa-apa asal Covid-nya turun, tapi ini enggak. Menurut saya, coba dilihat lagi, tolong betul-betul dikalkulasi, dihitung, supaya kita dapat sebuah formula,” kata Jokowi.

“Formula yang memang standarnya emang enggak ada. Negara lain enggak ada. Yang benar yang mana enggak ada, yang lockdown juga eksponensial.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini