Jair Bolsonaro. (Foto: The Conversation)

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Presiden Brasil, Jair Bolsonaro menegaskan bahwa dia tidak akan membeli vaksin virus corona! Ini menjadi yang terbaru dari serangkaian pernyataan yang ia buat terkait keraguannya terhadap program vaksinasi virus corona.

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung melalui berbagai platform media sosial, Bolsonaro yang merupakan pemimpin sayap kanan itu mengatakan bahwa Kongres tidak mungkin meminta warga Brasil untuk mengambil vaksin.

Brasil sendiri menjadi negara kedua tertinggi di dunia dengan angka kematian akibat infeksi virus corona. Meski demikian, Bolsonaro tetap teguh pada pendiriannya, takkan memberikan vaksin virus corona terhadap warganya.

Sikap ini membuat Bolsonaro dianggap tak serius dalam menangani pandemi virus corona. Bolsonaro bahkan memutuskan untuk membatalkan pembelian 46 juta dosis vaksin CoronaVac untuk program imunisasi nasional.

“Sudah saya bilang, saya tidak akan menerimanya (vaksin virus corona). Itu adalah hak saya,” kata Bolsonaro, melansir Reuters, Jumat, 27 November 2020.

Selain itu, Bolsonaro menyatakan keraguannya atas kefektifan pemaiakan masker yang menyiratkan hanya ada sedikit bukti konklusif tentang efektivitas masker dalam membendung penularan virus tersebut.

Sejak beberapa negara menerbitkan vaksin dengan tingkat efektivitasnya, sejak saat itu pula Bolsonaro mengatakan bahwa warga Brasil tidak diharuskan untuk melakukan vaksinasi. Pada Oktober, Bolsonaro menuliskan di akun Twitter-nya bahwa vaksinasi hanya diperlukan untuk anjingnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here