Prabu Indonesia, UMKM yang Survive di Tengah Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi membuat sektor perekonomian dunia babak belur dan memukul banyak lini industri. Meski begitu tak sedikit yang tetap survive dan mampu bertahan, sepatu Prabu misalnya.

Founder Prabu Indonesia, Lisa Yumi bahkan mengatakan bahwa penjualan produk sepatu Prabu miliknya mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 500 persen atau lima kali lipat!

Brand lokal ini dibangun tahun 2019. Lisa mengatakan dirinya ingin menciptakan lapangan pekerjaan dan memanfaatkan keterampilan warga setempat, yakni di daerah Ciawi, Bogor.

“Awalnya kami mulai kecil-kecilan saja. Karena ingin menciptakan lapangan pekerjaan juga. Kebetulan kita produksi sendiri. Setelah mengalami pandemi ini, ternyata kami bisa mengatasinya,” kata sang founder, Lisa Yumi, Selasa, 15 Februari 2021.

Sepatu Prabu Indonesia menyediakan alternatif alas kaki penunjang penampilan pria kantoran dan pria yang concern terhadap fashion. Untuk memanjakan pecinta fashion, sepatu kulit brand lokal ini menghadirkan berbagai jenis sepatu kulit berkualitas dengan harga terjangkau.

Produk Prabu Indonesia ini telah digunakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Sandiaga mengatakan bahwa produk sepatu Prabu Indonesia memiliki kualitas dan sanggup bersaing dengan produk luar negeri.

“Kami bersyukur sekali Pak Sandiaga Uno mau menggunakan produk-produk kami dan terutama mendukung produk lokal lainnya. Instagram kami bisa dilihat melalui @Prabu.Indonesia dan e-commerce,” ucap Lisa.

Lisa mengungkapkan bahwa sepatu Prabu Indonesia 100 persen menggunakan bahan lokal kulit sapi Jawa. Pada awal usahanya, Prabu Indonesia memperkerjakan 50 pengrajin, seiring dengan meningkatnya permintaan, Prabu Indonesia kini telah memiliki 170 pengrajin.

Berbicara mengenai filosofi, Lisa mengatakan bahwa Prabu Indonesia memiliki filosofi raja. Sebab ia ingin setiap pembeli produk sepatu Prabu Indonesia merasa bak raja ketika memakai sepatu buatannya yang elegan dan nyaman.

Sama seperti brand lain, sepatu Prabu Indonesia juga memproduksi sepatu formal dan sneaker yang ditujukan untuk mereka yang berusia 25-45 tahun atau eksekutif muda. Sementara soal harga, sepatu Prabu Indonesia mematok harga di kisaran 450-700 ribu Rupiah.

Hebatnya, sepatu Prabu Indonesia kini sudah menembus pasar internasional dengan nilai ekspor yang terus mengalami peningkatan. Anda bahkan bisa melihat produk Prabu Indonesia di Singapura dan Australia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini