Prabowo Subianto Calon Presiden Tak Tergoyahkan Menurut Survei

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Prabowo Subianto yang kini menjabat Menteri Pertahanan tetap tidak tergoyahkan sebagai calon presiden hingga kini. Kali ini Indonesia Elections and Strategic (IndEX) Research yang menunjukkan elektabilitas Prabowo paling tinggi yaitu 18,5 persen.

Dalam siaran persnya, peneliti IndEX Research, Hendri Kurniawan menyebutkan Prabowo paling unggul.

“Disusul Ganjar Pranowo di posisi kedua dengan 16,7 persen dan Ridwan Kamil (RK) di tempat selanjutnya dengan 13,4 persen,” ujar Hendri.

Posisi Prabowo itu tidak berubah karena survei IndEX Research tahun lalu juga menunjukkan elektabilitasnya tetap paling tinggi.

Sementara Ganjar dan RK bergerak fluktuatif, tetapi tren keduanya bergerak naik. Di bawah mereka Anies Baswedan dan Sandiaga Uno cenderung turun elektabilitasnya. Elektabilitas Anies tersisa 7,1 persen, disusul AHY 6,7 persen, dan Sandi 6,3 persen.

Figur lainnya adalah Erick Thohir 4,8 persen, Tri Rismaharini 4,5 persen, Giring Ganesha 2,3 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 2,0 persen. Lalu ada Mahfud MD 1,5 persen, Puan Maharani 1,2 persen, Airlangga Hartarto 1,1 persen dan Susi Pudjiastuti 1,0 persen.

Elektabilitas Puan dan Airlangga memang sangat rendah, tetapi keduanya ditopang oleh mesin partai politik besar yaitu PDIP dan Golkar.

Survei Index Research dilakukan pada 21-30 Mei 2021 terhadap 1200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia, dilakukan melalui telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error kurang lebih 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini