Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

MINEWS, JAKARTA – Dalam dokumen visi-misinya, jika menang di Pilpres 2019 Prabowo Subianto berjanji untuk membuka KBRI di Palestina sebagai bentuk dukungan Indonesia terhadap Palestina.

Namun, rupanya Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menyebut janji program Prabowo tersebut merupakan gagasan lama.

“Yang disampaikan Prabowo bukan hal baru. Mendaur ulang harapan lama,” kata anggoa TKN, Hendrawan Supratikno, di Jakarta, Jumat, 29 Maret 2019.

Menurutnya, soal pembentukan KBRI atau perwakilan, hal tersebut adalah nomenklatur kategori saja. Ia berkata seharusnya Prabowo lebih memperkuat komitmen substantifnya.

Hendrawan mengatakan, saat ini pemerintah telah melakukan sejumlah aksi konkret dalam upaya mendukung kemerdekaan Palestina. Ia berikan contoh soal pendirian rumah sakit hingga lembaga pendidikan.

Ia mengungkapkan, dukungan terhadap kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sudah menjadi komitmen RI sejak lama.

“Perjuangan merupakan proses yang tidak selalu mudah. Namun, sudah menjadi komitmen kita. Pembelaan kita untuk kemerdekaan Palestina sudah kita gelorakan sejak Konferensi Asia Afrika di Bandung April 1955,” ujar Hendrawan.