Pos Lintas Batas Negara di Sota Merauke Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Baca Juga

MATA INDONESIA, MERAUKE – Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Merauke Papua pada Minggu 3 Oktober 2021.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka dan Bupati Asmat Elisa Kambu bersama Forkopimda pun telah mengadakan pertemuan terkait membahas kesiapan kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Merauke. ”Pertemuan kita untuk memantapkan objek kunjungan presiden. Lalu penekanan kita terkait prokes Covid-19,” ujar Romanus Mbaraka usai pertemuan di Auditorium Kantor Bupati Merauke, Jumat 1 Oktober 2021.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggenjot pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu. Ini merupakan dukungan infrastruktur Kementerian PUPR di daerah perbatasan, pulau-pulau kecil, dan terluar.

PLBN Terpadu sebagai tempat pemeriksaan sekaligus pelayanan masuk keluar orang dan barang menggunakan paspor atau pas lintas batas. Pembangunan PLBN Terpadu demi meningkatkan fungsi Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB).  Tujuannya memberikan pelayanan di bidang keimigrasian, kepabeanan, karantina, keamanan, dan administrasi pengelolaan.

Gerbang Masuk

PLBN Terpadu menjadi sistem utama dalam melayani masyarakat perbatasan, khususnya yang berhubungan dengan lintas batas. Di samping fungsi pertahanan dan keamanan, PLBN Terpadu juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat perbatasan dengan menciptakan embrio pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan kesenian.

“Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk, namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah. Ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pembangunan PLBN Sota pun mendapat sambutan positif oleh masyarakat yang tinggal di sekitar perbatasan. Salah seorang warga, Hotnel Mahuse mengaku perekonomianya sangat terbantu dengan pembangunan PLBN ini.

“Sebelum pandemi COVID-19, ada sekitar 30-50 wisatawan setiap harinya datang ke PLBN Sota,” kata Hotnel.

Menurut Hotnel, kiosnya menyediakan aneka kebutuhan pokok dan sayur mayur untuk masyarakat perbatasan. Selain itu, para wisatawan juga bisa berbelanja bermacam jenis souvenir Papua di kios- kios yang berada di sekitar PLBN.

Ia pun berharap agar pandemi segera berakhir dan PLBN Sota bisa kembali ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini