Ilustrasi berpergian dengan pesawat (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Liburan akhir tahun sudah dekat. Tentu banyak di antara kalian yang sudah merencanakan untuk liburan dengan anggota keluarga ya kan? Mungkin ada yang juga sudah bersiap untuk liburan ke luar negeri. Nah, berikut tips nyaman penerbangan jarak jauh di pesawat.

1. Jangan salah kostum

Selama terbang, aktivitas yang kamu lakukan sangat terbatas. Cobalah untuk melakukan penerbangan jarak jauh dengan pakaian yang nyaman, seperti celana panjang (bukan jeans), jumper dan kaus kaki.

Meskipun beberapa pesawat memberikan fasilitas selimut dan bantal, bawalah bantal leher sendiri. Perlengkapan seperti penutup telinga juga bisa kamu siapkan kalau berencana tidur di pesawat.

2. Pilih kursi

Perencanaan terbang ke negara Eropa atau Amerika Serikat memang membutuhkan waktu. Selain perlengkapan visa, pemilihan kursi pesawat juga jadi hal yang dianggap penting.

Kalau kamu kehabisan kursi bisnis atau first class, kursi ekonomi pun bisa disiasati. Caranya pilih kursi di dekat pintu darurat. Karena kursi-kursi ini menyediakan ruang kaki yang lebih luas sehingga bisa membuat penerbangan jarak jauh jadi lebih nyaman.

Traveler yang suka ke toilet sebaiknya pilih kursi lorong. Sehingga saat ingin buang air, kamu tidak mengganggu penumpang lain yang sedang tidur.

3. Bawa buku dan gadget

Tidur selama penerbangan sebenarnya tidak disarankan. Kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti membaca buku atau bermain game.
Supaya tidak boring, ada baiknya kamu mengunduh film, game atau musik favoritmu.

4. Jangan tidur lama

Mungkin tips ini cukup sering kamu dengar. Tidur sepanjang perjalanan, terutama dalam penerbangan panjang, sebenarnya hanya akan membuat sirkulasi dalam tubuh terhambat.

Untuk itu cobalah berjalan sepanjang lorong setelah tidur 2-3 jam. Lakukan hal ini selama perjalanan supaya kakimu nggak keram ya!

5. Banyak minum air putih

Wine dan alkohol menjadi salah satu sajian di dalam penerbangan jauh. Hindarilah minuman ini, karena saat berada di ketinggian jumlah oksigen dalam darah akan berkurang.

Ini akan membuatmu lebih cepat mabuk. Tahu sendirikan kejadian nyeleneh penumpang saat mabuk? Insiden ini bisa sangat mengganggu penumpang lain.

Dari pada alkohol, minum air putih sangat disarankan ketika long haul. Usahakan untuk membawa sendiri botol air minum ya.

6. Menipu tubuh

Tips satu ini bisa dilakukan untuk kamu yang susah tidur saat penerbangan jarak jauh. Cobalah untuk menipu tubuh, seakan ini adalah waktu tidurmu.

Lakukanlah ritual yang biasa dikerjakan saat hendak tidur. Seperti menggosok gigi, mencuci muka, dan berkumur.
Kemudian hindari makanan berat dan kopi. Dua hal ini sulit untuk dicerna tubuh dan bisa membuat stres. Cobalah untuk minum teh atau merilekskan pergelangan tangan dan badan.