car_816
Tentara sedang membawa CAR 816. (military-today.com)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia akan meningkatkan kemampuan persenjataan TNI dengan melakukan kerja sama pembuatan senapan serbu CAR 816 berbasis AR15 dengan Caracal Internasional LLC dari Uni Emirat Arab.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan industrial cooperation agreement (perjanjian kerja sama/PKS) yang dilakukan Direktur Utama PT Pindad (persero) Abraham Mose dengan CEO Caracal International LLC, Hamad Al-Ameri di Jakarta.

Senapan itu pertama kali ditampilkan ke publik pada 2015. CAR atau Caracal Assault Rifle 816 sudah memenuhi standar NATO tersebut, dioperasikan dengan gas.

Standar NATO yang dipenuhi adalah dalam hal amunisinya karena menggungkan 5,56×45 mm. CAR 816 didasarkan pada receivernya lebih rendah dari M16.

Secara konsep, senjata ini mirip dengan Adcore Defense BEAR Elite, Barret REC7, Colt CM901, Heckler & Koch HK416, dan beberapa senjata lainnya, yang didasarkan pada penerima M16 yang lebih rendah.

CAR 816 memiliki katup gas yang dapat disetel, yang mengontrol sistem gas. Ada tiga posisi katup gas.

Posisi pertama untuk pengoperasian normal. Posisi kedua adalah untuk pengoperasian saat sistem kotor, untuk kondisi buruk atau saat amunisi impuls rendah digunakan. Posisi ketiga digunakan saat senjata dilengkapi dengan peredam suara.

Senjata ini tersedia dengan panjang tiga barel. Ada senapan serbu kompak dengan 267 mm (10,5 “), karabin dengan laras 368 mm (14,5”) dan senapan serbu dengan laras 406 mm (16 “).

Pemilih mode tembakan terletak di atas pegangan pistol dan dioperasikan dengan nyaman oleh ibu jari penembak. Ini memiliki tiga posisi untuk “aman”, “semi-otomatis” dan “otomatis penuh”. Hanya ada versi semi-otomatis dari senjata ini, yang ditujukan untuk pasukan penegak hukum.

Senapan serbu ini diumpankan dari magasen aluminium berkapasitas 30 peluru. Ini adalah magasin standar NATO (tipe M16).

CAR 816 memiliki popor teleskopik, yang dapat disesuaikan panjangnya. Ini memiliki 6 posisi. Buttstock serupa digunakan pada Barret REC7.

Senapan serbu ini memiliki rel teropong tipe Picatinny dengan panjang penuh. Muncul sebagai standar dengan pemandangan besi flip-up yang dapat dilepas. Namun senjata ini terutama ditujukan untuk digunakan dengan berbagai optik. Jarak tembak efektif sekitar 500 meter.

Ada rel aksesori tambahan di atas garis depan untuk berbagai peralatan tambahan, seperti laser pointer, senter taktis, grip vertikal, bipod, dan sebagainya. CAR 816 dapat memasang peredam suara.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here