Pikat Wisatawan Datang, Sandiaga Uno Bakal Kembangkan Wisata Berbasis Otomotif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terus melakukan gebrakan di sektor pariwisata Indonesia agar bisa tumbuh dan berkembang di masa pandemi.

Terbaru dirinya mengembangkan pariwisata berbasis otomotif di Indonesia. Salah satu program yang digagas adalah Wonderful Ride Indonesia bekerjasama dengan Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI), sebuah gerakan untuk mendorong empowerment wisata berbasis otomotif di Indonesia.

“Disini mengulik bagaimana wisata berbasis otomotif ini bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan pariwisata di Indonesia,” katanya.

Sandiaga mendorong PWOI dapat berinovasi dan beradaptasi, termasuk berkolaborasi dengan banyak pihak. “Di masa pandemi seperti sekarang ini, berbagai inovasi yang dilakukan bisa mendorong bangkitnya pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar dia.

Tren pariwisata ke depan, kata Sandiaga, para wisatawan akan lebih memilih konsep wisata yang lebih personalized, localized dan smaller in size. Di mana wisata berbasis otomotif ini sangat sejalan dan juga memberikan pengalaman berwisata lebih bagi wisatawan.

“Kita akan mendukung pengembangan pariwisata berbasis otomotif ini di Indonesia,” kata Sandiaga.

Ketua Umum Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (POWI) Rezza Artha menjelaskan, melalui gerakan ini pihaknya ingin masyarakat otomotif Indonesia berpartisipasi lebih jauh dengan dunia pariwisata.

Mereka melihat korelasi yang kuat antara dunia otomotif dengan pariwisata Indonesia, di mana pariwisata yang maju perlu didukung dengan masyarakat otomotif yang juga maju.

Secara umum, PWOI mengajak masyarakat lebih aktif berwisata menggunakan kendaraan miliknya baik sepeda motor mobil atau tipe lainnya. Pariwisata merupakan sektor yang dapat secara cepat digerakkan dalam rangka pemulihan ekonomi dibanding sektor-sektor lainnya yang masih membutuhkan persiapan.

“Kita melihat di beberapa lokasi akan kesuksesan event-event otomotif, bagaimana mereka dapat sampai meningkatkan okupansi hotel, rumah makan, dan sebagainya. Itu yang mau kita dukung ke depan bagaimana penggemar otomotif Indonesia semakin berkontribusi positif terhadap perekonomian terutama di bidang pariwisata,” kata Rezza.

Dalam kesempatan ini, PWOI juga mengampanyekan penggunaan sepeda motor listrik Gesits di destinasi, sehingga dapat berwisata dengan berkendara secara aman, tertib, sehat, dan menyenangkan. Kampanye penggunaan sepeda motor listrik di destinasi pariwisata Indonesia tersebut mendapat dukungan penuh dari Menparekraf Sandiaga Uno.

“Kita dukung motor listrik, dan penggunaannya nanti tidak hanya di lima destinasi super prioritas tapi juga destinasi-destinasi lainnya,” kata Sandiaga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini