Pidato Terakhir Kanselir Jerman: Ada Begitu Banyak Harapan di Tahun Depan

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Dalam pidato menyambut tahun baru, Kanselir Jerman, Angela Merkel mengatakan bahwa tahun 2020 merupakan yang tersulit selama 15 tahun kepemimpinannya. Diketahui selama tahun ini, semua negara di dunia berjuang keras melawan pandemi virus corona.

Namun, angin segar mulai menghampiri di penghujung tahun dengan hadirnya vaksin virus corona dari berbagai perusahaan farmasi. Dan dimulainya vaksinasi virus corona, membuat tahun 2021 menjadi tahun penuh harapan akan perubahan.

Merkel terlihat begitu emosi, sesuatu yang sebenarnya jarang bahkan hampir tidak pernah terjadi, ketika ia membahas mengenai gerakan protes yang menentang lockdown dan penolakan vaksinasi.

“Izinkan saya memberi tahu Anda, mengenai kesimpulan pribadi: dalam sembilan bulan pemilihan parlemen, saya tidak akan mencalonkan diri lagi. Oleh karena itu, hari ini kemungkinan besar menjadi terakhir kalinya bagi saya menyampaikan sebuah pidato Tahun Baru,” tutur Merkel, melansir Reuters, Kamis, 31 Desember 2020.

“Saya pikir tidak melebih-lebihkan ketika saya berkata: tidak pernah dalam 15 tahun terakhir kami menemukan tahun yang lama dan begitu berat. Kami tidak pernah mengalaminya, terlepas dari semua kekhawatiran dan beberapa skeptisisme, menantikan yang baru dengan begitu banyak harapan,” sambungnya.

Jerman dinilai sebagai mercusuar bagi negara-negara di kawasan Eropa selama gelombang pertama pandemi virus corona. Jerman dipuji sebagai salah satu negara dengan sistem perawatan kesehatan terbaik di dunia.

Akan tetapi pada gelombang kedua, Jerman justru terseok-seok. Negara yang terletak di Eropa Tengah harus berjuang keras dengan infeksi virus corona yang parah dari sebelumnya.

Meski begitu Jerman tak lantas terpuruk. Jerman memulai vaksinasi pertamanya pada Sabtu (26/12). Kantor berita DPA melaporkan warga Jerman pertama yang mendapatkan suntikan vaksin buatan Pfizer-BioNTech adalah para penghuni panti jompo, Edith Kwoizalla yang berusia 101 tahun.

Kemudian sehari setelahnya, tim vaksin gelombang pertama mulai memberikan suntikan kepada warga di seluruh Jerman, terutama pada komunitas di rumah-rumah lansia dan rumah sakit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini