Piala Dunia U-20 Ditunda ke 2023, Begini Respons Kemenpora

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – FIFA resmi menunda pagelaran Piala Dunia U-20 2021 ke 2023. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memahami alasan penundaan yang dilakukan FIFA.

Melalui keputusan resminya, Kamis 24 Desember 2020, FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia U-17 yang sejatinya digelar pada 2021 karena pandemi Covid-19.

Indonesia adalah tuan rumah Piala Dunia U-20 dan Peru tuan rumah Piala Dunia U-17. Meski mengalami penundaan, FIFA memastikan Indonesia dan Peru tetap akan menjadi tuan rumah di 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengaku sudah mendapat laporan dari PSSI terkait keputusan FIFA tersebut. Kemenpora, selaku pemerintah, bisa memahami keputusan FIFA.

“Tadi malam saya memperoleh informasi penundaaan event tersebut dari PSSI dan kemudian juga langsung kami download di website FIFA. Pemerintah memahami sepenuhnya keputusan FIFA tersebut, dengan alasan adanya penyebaran pandemi Covid-19 yang masih berkembang hampir merata di seluruh penjuru dunia,” ujar Zainudin, dalam keterangan resmi yang diterima Mata Indonesia, Jumat 25 Desember 2020.

“Selain itu, pemerintah juga sangat menghormati FIFA karena sebelum keputusan tersebut diambil telah terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek dan sangat mengapresiasi kesungguhan Pemerintah Indonesia bersama PSSI sebagai LOC yang telah melakukan berbagai langkah persiapan bagi suksesnya penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021,” tambahnya.

“Semalam saya telah melaporkan keputusan FIFA tersebut kepada Menko PMK. Langkah terdekat yang segera akan dilakukan adalah mengadakan rapat koordinasi pada awal minggu depan yang akan dipimpin langsung oleh Menko PMK dan akan mengundang semua pihak terkait, baik unsur Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta PSSI,” tuturnya.

Beberapa hal penting yang akan dibahas antara lain, penjelasan lengkap tentang penundaan event tersebut, update dan kelanjutan renovasi sejumlah stadion dan lapangan latihan serta update dan kelanjutan pembinaan Timnas yang sudah dipersiapkan, yang tentu saja diperkirakan akan berubah (disesuaikan usia pada saat itu) karena event tersebut berlangsung di tahun 2023.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini