Petugas Temukan Ratusan Hewan Kurban Tak Cukup Umur di Bandung Barat

Baca Juga

MINEWS, JABAR - Ada-ada saja cara curang orang untuk meraup keuntungan dengan memanfaatkan momen hari raya. Seperti di Kabupaten Bandung Barat (KBB), ditemukan ratusan hewan kurban di lapak pedagang yang ternyata belum cukup umur.

Bahkan, bukan sekadar belum cukup umur, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) KBB juga menemukan beberapa hewan yang ternyata menderita sakit mata atau pink eye dan dehidrasi. Parah!

Dijelaskan Kabid Kesehatan Hewan Disnakan KBB Wiwin Aprianti, baru-baru ini, setelah menyisir 340 lapak pedagang hewan kurban, pihaknya menemukan satu ekor sapi dan empat ekor dompa terdeteksi penyakit pink eye, sedangkan dua ekor lainnya mengalami dehidrasi.

Wiwin menyebut, pihaknya juga menemukan ratusan hewan kurban yang dijual pedagang, namun tak cukup batasan umurnya dalam syariat Islam.

Secara rinci, hewan kurban jenis sapi mencapai 110 ekor dengan kategori belum cukup umur dan cacat 2 ekor. Untuk domba ada 308 ekor yang belum cukup umur serta 1 ekor domba yang cacat.

Atas temuan ini, hewan yang tak layak sudah dipisahkan dan tidak diperbolehkan untuk dijual. Petugas juga terus berpatroli menyebar ke tiap kecamatan untuk memeriksa hewan di lapak pedagang.

Karena maraknya penjualan hewan yang tak sesuai standar syariat Islam dalam momen Idul Adha, Disnakan KBB mengimbau agar masyarakat lebih teliti sebelum membeli.

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini