Pesawat N219 Buatan Anak Bangsa Lolos Sertifikasi, Kemenhub Langsung Pesan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Setelah hampir 7 tahun lamanya menunggu proses sertifikasi, akhirnya Pesawat N219 buatan anak bangsa lolos sertifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bangga dan mengapresiasi karya para anak bangsa yang telah mampu mengembangkan pesawat yang dibuat tahun 1995.

Proyek pengembangan pesawat ini kata dia, merupakan buah kerjasama antara PT Dirgantara Indonesia dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Setelah melalui rangkaian uji dalam proses sertifikasi dan final certification board meeting pada 18 Desember 2020, sertifikat tipe untuk pesawat udara N219 resmi diterbitkan. Dia ingin, selesainya proses sertifikasi tipe ini bisa menjadi tonggak bersejarah kebangkitan industri rancang bangun pesawat udara di Indonesia.

Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi motivasi PT Dirgantara Indonesia untuk terus berinovasi, karena pesawat ini masih diperlukan penyempurnaan teknis pada pesawat generasi selanjutnya.

“Pengembangan pesawat ini kami apresiasi dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan ini akan siap bersaing dengan produk internasional,” kata dia.

Tak hanya itu, pesawat buatan anak bangsa ini juga langsung dipesan oleh Kemenhub untuk memenuhi kebutuhan pesawat yang menjangkau daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan).

Selain itu pesawat ini akan digunakan juga untuk keperluan kalibrasi fasilitas penerbangan dan sebagai angkutan perintis. Budi berharap adanya pesawat N219 ini bisa diikuti dengan pengembangan pembangunan.

Sebagai informasi N219 merupakan pesawat udara kategori komuter. High-wing monoplane dengan mid tail empennage dan unpressurised cabin berkapasitas maksimum 19 penumpang.

Pengembangan dari pesawat N259 ini memiliki roda pendarat fuselage mounted non-retractable tricycle, 2(dua) engine turboprop PT6A-42 dengan 4 bilah propeller Hartzell. Dilengkapi juga dengan sistem navigasi-komunikasi Garmin 1000 Next Generation.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini