warren buffet
Warren Buffet (sumber: South China Morning Post)

MINEWS, INTERNASIONAL – Menjadi seorang investor kini tengah digandrungi oleh generasi muda. Dunia investasi pun mulai kebanjiran para investor muda yang penuh semangat dan enerjik.

Namun, untuk para investor muda, kalian tak boleh asal-asalan dalam menentukan pilihan investasi. Coba, renungkanlah pesan Bapak Investor Dunia, Warren Buffett ini.

Buffett mengatakan, dalam menentukan investasi, jangan mengambil keputusan karena pendapat atau pikiran orang lain. Secara tegas, ia menyebut keputusan dalam sekuritas itu sifatnya individu.

Justru, semakin banyak kamu menerima pendapat orang lain, bahkan sampai berpengaruh besar pada keputusanmu, maka kamu akan semakin bingung dan tidak bulat.

“Jika Anda berbicara dengan satu orang, Anda akan mendengar satu hal juga. Anda benar-benar tak boleh membuat keputusan berdasarkan pikiran orang lain,” ujar Buffett, seperti dikutip dari CNBC, baru-baru ini.

Selain itu, Buffett berpesan, para investor sebaiknya tidak membuat prediksi-prediksi besar tentang arah ekonomi serta pasar saham.

Bahkan, menurutnya, ramalan orang lain mengenai masalah ekonomi makro tidak akan berdampak pada pergerakan saham individu.