Personel Brimob dan Polair Amankan Lokasi Bencana NTT

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pasca bencana alam berupa tanah longsor dan banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT), anggota Brimob dan Polairud disiagakan di lokasi bencana di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur maupun di Kabupaten Lembata.

“Kami menjalankan perintah Kapolri dan kami tetap di lokasi bencana tanpa batas waktu (sampai) kondisi sudah benar-benar pulih dulu,” kata Dankor Brimob Polri, Irjen Pol Anang Revandoko, Sabtu 10 April 2021.

Sejak hari pertama penanganan bencana alam ini, Dankor Brimob dan Kakor Polairud memperkuat bantuan personel dan logistik di wilayah Polda NTT. Brimob dan Polairud Mabes Polri mengirim delapan unit pesawat dan dua helikopter, serta kapal laut untuk mobilisasi bantuan personel, sarana sekaligus logistik.

Pesawat Polri ini diperbantukan mengangkut logistik dan bantuan obat-obatan. Ada pula 21 tenaga medis dan 25 paramedia dari Brimob Mabes Polri dan Pusdokkes Polri untuk membantu masyarakat.

Di seluruh lokasi bencana juga dibangun Posko, baik untuk keamanan maupun posko kesehatan serta posko penyaluran bahan makanan.

Korbrimob Mabes Polri juga mengerahkan lima unit mobil dapur lapangan, yang dilengkapi perlengkapan masak dan bahan makanan yang siap diolah lalu didistribusikan kepada para pengungsi korban bencana alam.

Selain lima kendaraan dapur umum, Mabes Polri juga menurunkan enam truk bahan makanan yang disiapkan bagi kebutuhan dapur umum.

Selain itu ada lima kendaraan khusus untuk penjernihan air, sehingga kebutuhan air bersih bagi warga yang terdampak terlayani.

Ada 52 anggota Brimob Mabes Polri ditambah 94 anggota Brimob Polda Jawa Timur serta 100 anggota Brimob Polda Bali diterjunkan untuk membantu operasional dapur umum dan proses pembersihan lokasi bencana alam.

Anggota Brimob dari Jawa Timur dan Polda Bali khusus membantu pembersihan dan evakuasi korban bencana alam. “Ada delapan anjing dan pawangnya untuk membantu menemukan korban bencana alam,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini