Pernyataan Trump Dikecam, Soal Suntikan Disinfektan ke Tubuh Bisa Bunuh Virus Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump soal menyuntikkan disinfektan dan paparan sinar ultraviolet bisa membantu menyembuhkan orang yang terinfeksi virus corona, mendapat kecaman dari para dokter dan pakar epidemiologi.

“Trump sangat salah dan tidak bertanggung jawab,” kata Dr Eugene Gu, yang laboratoriumnya terlibat dalam tes virus corona, di Twitter.

“Clorox, Tide Pods, dan Lysol akan membunuh virus corona. Tak ada pertanyaan soal itu. Tapi jika Anda terinfeksi kemudian virus corona ada dalam sel Anda. Jika Anda menggunakan jenis-jenis disinfektan itu untuk membunuh virus corona di dalam sel Anda, nanti Anda akan mati bersama dengan virus corona,” katanya, seperti dilansir dari Aljazeera, Jumat 24 April 2020.

Trump menyampaikan pernyataan kontroversial itu dalam pemaparan media harian Gedung Putih, setelah berdiskusi dengan peneliti pemerintah terkait efek panas dan cahaya matahari terhadap virus corona.

Dia pertama kali memikirkan apakah sinar matahari dapat menembus ke dalam tubuh sebelum beralih ke soal disinfektan.

Jika itu bisa “melumpuhkan virus dalam satu menit, satu menit” Trump merenung, “Apakah ada cara untuk itu seperti dengan menyuntikkan, di dalam, atau nyaris membersihkan? Akan menarik untuk mengetahuinya.”

Trump sebelumnya menggembar-gemborkan obat yang belum terbukti keampuhannya untuk mengobati Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona, kendati otoritas kesehatan sangat berhati-hati terkait hal ini.

Seorang pria di Arizona meninggal pada akhir Maret setelah mengonsumsi klorokuin fosfat, zat yang digunakan untuk membersihkan tangki ikan setelah Trump berulang kali berbicara tentang hidroksi klorokuin.

Istri pria itu mengatakan kepada jaringan TV NBC News, suaminya mengetahui hal itu setelah menonton pemaparan media harian Presiden Trump.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini