Permintaan Batubara Diramal Tetap Kuat, Sejalan dengan Pemulihan Ekonomi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia memprediksi tahun depan akan ada penambahan permintaan yang didorong dengan pertumbuhan ekonomi di beberapa negara.

Dirinya melihat, permintaan batubara juga ditunjang oleh faktor kebutuhan setiap negara untuk mencapai pemulihan ekonomi. Kemudian, adanya pembangkit listrik baru yang akan beroperasi di tahun depan. Adapun dari segi keekonomian, nilai batubara lebih kompetitif dibandingkan sumber energi lainnya. 

“Kami memperkirakan permintaan dari Tiongkok terus bertambah dikarenakan harga batubara impor yang lebih ekonomis dibandingkan batubara domestik,” katanya.

APBI kata dia, juga memperkirakan adanya kenaikan permintaan dari negara Asia Selatan dan Asia Tenggara yang didorong dengan pertumbuhan ekonomi dan adanya beberapa pembangkit baru yang akan beroperasi.

Tak hanya dari luar negeri, Hendra juga melihat, permintaan batubara dari dalam negeri juga akan signifikan baik dari sektor kelistrikan maupun industri.

Untuk menangkap peluang tersebut, Hendra mengatakan, anggota APBI tetap mengupayakan supply yang terus berlanjut terhadap semua kontrak yang sudah dijalankan. Namun, di sisi lain, tantangan yang masih dihadapi perusahaan batubara saat ini ialah curah hujan yang tinggi. 

Hendri Tan, Deputy Chairman Indonesia Coal Miners Association (ICMA) juga melihat bahwa permintaan batubara di tahun depan tetap kuat. “Dari sisi demand kita perkirakan tahun depan akan meningkat kurang lebih 5 persen,” katanya.

Kendati ada peningkatan permintaan, Hendri juga menyoroti persoalan dari sisi supply karena di tahun depan pihaknya masih melihat ketersediaan alat berat dan kesulitan pendanaan akan mengganggu produksi. 

Jika melihat horizon yang lebih panjang, konsumsi batubara di masa yang akan datang akan berkurang seiring dengan beralihnya sumber energi pembangkit ke energi baru dan terbarukan.

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Minerba, Irwandy Arif bilang, diproyeksikan akan terjadi penurunan permintaan batubara di 2050 disebabkan oleh pengetatan peraturan lingkungan khususnya pembangkit listrik serta peningkatan penggunaan EBT sebagai sumber energi primer. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini