Perintah Mendagri untuk Kepala Daerah: Segera Cairkan Anggaran Pilkada!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pilkada serentak 2020 tak lama lagi digelar. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan instruksi agar seluruh pemda segera mencairkan anggaran pelaksanaan pilkada.

Tito meminta Inspektorat Jenderal dan Direktorat Jenderal yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada 2020, memastikan anggaran masuk ke penyelenggara pemilu sesegera mungkin.

“Jadi nanti Dirjen Kemendagri saya minta untuk mengecek dan meyakinkan bahwa anggaran tersebut masuk,” ujar Tito di Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Di sisi lain, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar menyebut, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah ditandatangani 270 daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota. Anggaran pilkada kemudian sudah disahkan dalam APBD masing-masing daerah.

Kemendagri akan memastikan pelaksanaan pencairan anggaran untuk KPU, Bawaslu, maupun Kepolisian. Ia menegaskan, jangan sampai NPHD sudah ditandatangani tetapi pencairan belum dilakukan karena tahapan Pilkada 2020 sudah dimulai.

“Itu perintah Pak Menteri. Jangan NPHD sudah ditandatangani pas mau pencairan kan belum,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini