Perintah Jokowi, Bansos Wajib Tersalurkan Sebelum Lebaran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh jajarannya agar penyaluran bansos sembako maupun tunai bagi warga terdampak Covid-19 dapat diselesaikan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara menjelaskan, khusus untuk bansos sembako diberikan bagi warga Jabodetabek, sementara bansos tunai atau BLT akan disalurkan ke warga di luar Jabodetebek.

“Perintah Presiden agar tahapan ketiga ini untuk penyaluran bansos tunai juga bansos sembako bisa selesai sebelum Idul Fitri,” kata Mensos, Jumat 8 Mei 2020.

Ia berkata, bansos sembako akan diberikan kepada 1,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di DKI Jakarta dan 600 ribu keluarga di Bodetabek selama tiga bulan.

Bansos sembako yang disalurkan nilainya mencapai Rp 600 ribu per bulan, dengan mekanisme penyaluran dua pekan sekali. Per penyaluran, KPM dapat sembako senilai Rp 300 ribu, begitu juga pekan selanjutnya, sehingga total menjadi Rp 600 ribu per bulan.

Presiden Jokowi pun meminta agar bansos sembako untuk warga Jabodetabek ini diberikan dalam enam tahapan, yang terdiri dari empat tahapan berupa paket sembako dan dua tahapan penyaluran dalam bentuk beras. Ia menyebut, bansos sembako untuk warga di Jakarta telah selesai didistribusikan.

Sementara untuk bansos tunai akan disalurkan kepada sembilan juta warga di luar Jabodetabek berupa BLT. Keluarga penerima bansos ini akan mendapat bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan.

Data sembilan juta KPM tersebut berasal dari pemerintah kabupaten/kota di masing-masing daerah.

“Jadi kami memberikan keleluasaan, kelonggaran kepada seluruh kabupaten kota untuk memberikan data keluarga-keluarga yang benar-benar terdampak di wilayahnya untuk kami berikan bansos tunai,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini