Hujan
ilustrasi Hujan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa wilayah diprediksi akan berpotensi mengalami hujan lebat pada Senin 17 Mei 2021.

Peringatan ini dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hujan lebat akan terjadi di sebagian besar Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Di Pulau Sumatera, BMKG memprediksi hujan lebat terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Lampung dan Sumatera Selatan.

Selanjutnya di Pulau Kalimantan diprediksi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Lalu di Pulau Sulawesi yakni Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Serta, hujan dapat berpotensi di provinsi lainnya yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Khusus untuk wilayah DKI,¬† BMKG mengingatkan warga Ibu Kota mewaspadai potensi hujan disertai kilat petir. ”Waspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jaktim dan Jaksel pada sore dan malam hari,” tulis BMKG.

Data BMKG Senin dini hari menyebutkan seluruh wilayah administrasi DKI Jakarta pada pagi hari diperkirakan bercuaca cerah berawan. Kemudian memasuki siang hari, wilayah administrasi Kepulauan Seribu cuacanya diprediksi tetap cerah berawan.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode pancaroba, di mana sebagian besar wilayah Indonesia telah mengalami awal musim kemarau 2021 sekitar Mei dan Juni.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here