Perang Digital, Google Musnahkan 2 Aplikasi Milik Cina

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Google kembali menghapus beberapa aplikasi asal Cina dari layanan mereka, yakni Google Play Store baru-baru ini.

Dua aplikasi yang dihapus itu adalah milik perusahaan teknologi Baidu, yakni Baidu Maps dan Baidu Search Box. Google sengaja melakukan penghapusan karena adanya laporan bahwa kedua aplikasi diam-diam mengumpulkan informasi pengguna tanpa izin.

Laporan ini masuk ke Google dari perusahaan keamanan siber internasional, Palo Alto Networks.

Menurut laporan tersebut, ada kode khusus pada kedua aplikasi yang dipakai untuk pengumpulan data pengguna, sebagaimana dikutip dari ZDNet, Selasa 1 Desember 2020.

Para peneliti dari Palo Alto Networks mengatakan, sementara beberapa informasi yang dikumpulkan tidak terlalu berbahaya. Tapi beberapa data seperti kode IMSI dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak pengguna, bahkan jika pengguna telah berganti ke smartphone lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini