Perang Dagang Mereda, IHSG Perkasa

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Meredanya ketegangan antara Amerika Serikat dan Cina dalam perang dagang berdampak positif bagi pergerakan saham di Indonesia.

Senin 1 Juli 2019, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonedia (BEI) dibuka menguat 22,55 poin atau 0,35 persen ke posisi 6.381,18. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 5,75 poin atau 0,57 persen menjadi 1.019,71.

“IHSG bergerak ke zona hijau,” kata Kepala Riset Valburuy Sekuritas Alfiansyah di Jakarta.

Menurut Alfiansyah, meredanya perang dagang antara AS dan Cina telah menjadi faktor penting yang berdampak pada membaiknya pasar global pekan ini.

Tensi perang dagang sedikit menurun setelah Presiden AS Donald Trump bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Osaka Jepang.

Kedua negara disebut telah sepakat melakukan perundingan kembali perang dagang yang membuat perekonomian global dalam ketidakpastian dan kekacauan.

Seusai pertemuan tersebut Donald Trump dan Xi Jinping menegaskan akan mengurangi ketegangan atas perang dagang dengan meningkatkan kerja sama lebih lanjut. Pernyataan tersebut diharapkan dapat meredam dampak perang dagang antar kedua negara yang berlangsung setahun lebih.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Nikkei menguat 385,11 poin (01,81 persen) ke 21.661,03, dan indeks Straits Times menguat 41,23 poin (1,24 persen) ke posisi 3.362,84.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini