Pentagon: Awas, ISIS akan Bangkit Lagi di Suriah

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Ternyata, ISIS tak benar-benar tumpas seperti yang selama ini diberitakan media-media internasional. Buktinya, Departemen Pertahanan AS alias Pentagon dalam laporan terbarunya memberi peringatan kepada dunia, bahwa kelompok teroris internasional itu akan bangkit lagi di Suriah.

Pernyataan Pentagon itu jelas bertentangan dengan klaim Presiden AS Donald Trump yang hampir lima bulan lalu mengklaim bahwa ISIS sudah ditumpas habis di Suriah sampai 100 persen, melalui bantuan pasukan gabungan.

Mengutip CNN, Rabu 7 Agustus 2019, laporan kebangkitan ISIS ini disampaikan Inspektur Jenderal Pentagon bahwa ISIS akan mulai menyusun kekuatannya mulai dari Irak, lalu kembali menuju Suriah.

Sebelumnya, Trump sudah berkali-kali meyakinkan dunia bahwa pasukannya sudah mengusir ISIS dari sejumlah wilayah yang selama ini diduduki di Suriah. Ia juga mengklaim bahwa kekhalifahan kelompok teroris yang dipimpin Abu Bakar Al Baghdadi itu sudah rontok habis.

Namun laporan terbaru Pentagon menyebut penarikan sebagian tentara AS dari Suriah telah berdampak pada pertempuran melawan sisa-sisa ISIS. Situasi ini mempersulit AS memberikan saran kepada sekutu-sekutu lokal di lapangan dan membuat AS kehilangan kemampuan memantau area-area yang disebut sebagai zona perekrutan potensial yang bisa memungkinkan ISIS untuk mengisi kembali jajarannya.

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini