Penjaringan Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Launching, Begini Proses dan Persyaratannya

Baca Juga

Mata Indonesia, Tarakan – Sosialisasi dan pengumuman Pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten dan Kota se-Kaltara dimulai Senin 22 Mei hingga 27 Mei 2023 mendatang oleh Tim Seleksi (Timsel). Sementara proses pendaftaran dan penerimaan berkas akan dibuka pada 29 Mei hingga 7 Juni 2023.

Ketua Timsel Bawaslu Kabupaten Kota se-Kaltara, Nur Asikin mengungkapkan, Berkas pendaftaran bisa diperoleh melalui laman, facebook, website, bisa mendatangi kantor Bawaslu di masing-masing kabupaten atau kota. Setelah diisi, berkas pendaftaran bisa diantar langsung ke kantor Bawaslu kabupaten kota sejak pukul 08.00 Wita hinggga pukul 16.00 Wita. Sementara sekretarian Timsel berada di Hotel Pangeran Khar, Tanjung Selor.

“Calon bisa scan berkasnya dan dikirimkan via email. Fisiknya bisa diantar langsung atau via kantor Pos Indonesia. Karena kami akan verifikasi dan tidak cukup hanya berkas scan,” katanya.

Ia mengatakan hari ini pendaftaran mulai dilaunching di media. Untuk Timselnya juga akan ke kabupaten kota melakukan sosialisasi.

“Persyaratan calon anggota Bawaslu, tidak ada penambahan dari syarat pada periode sebelumnya. Hanya saja, diwajibkan ada pendaftar calon anggota Bawaslu perempuan sebanyak 30 persen. Kalau dari 4 kali kebutuhan tidak ada perempuan, pendaftaran akan diperpanjang. Untuk Timsel ada 5 orang yang akan bertanggungjawab di masing-masing kabupaten kota di Kaltara yakni Zul Kasman, Evvaransherwin, Zainudin, dan Riski sebagai anggota Timsel,” ujarnya.

Diketahui, syarat calon anggota Bawaslu diantaranya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 30 tahun, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan dan kepartaian. Selain itu bakal calon wajib berdomisili di wilayah Kaltara dan tidak pernah dipidana penjara lebih dari 5 tahun.

“Sejauh ini sudah ada yang bertanya terkait dengan syarat. Karena kan di website Bawaslu kabupaten kota mengumumkan seleksi ini,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini