ilustrasi pengalihan arus jelang malam tahun baru 2020
ilustrasi pengalihan arus jelang malam tahun baru 2020

MATA INDONESIA, JAKARTA-Malam tahun baru 2020, sejumlah acara bakal digealr di sejumlah titik di Kawasan Sudirman-Thamrin. Alhasil, sejumlah jalan akan ditutup dan dinas perhubungan akan melakukan rekayasa dan pengalihan arus lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan selama acara di kawasan dari Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan Sudirman ditutup. Arus lalu lintas akan dialihkan yakni dari arah Utara dan dari arah Selatan.

Syafrin juga menegaskan pada tanggal 31 Desember sistem ganjil genap tetap diberlakukan. Rekayasa lalin pertama dilakukan bagi kendaraan yang datang dari arah Utara (Merdeka Barat) menuju ke Selatan (Jalan Sudirman) bisa melalui Jalan Juanda.

“Diarahkan/dialihkan melalui Jalan Juanda – Lapangan Banteng -Jalan Pejambon – Jalan Ridwan Rais -Tugu Tani -Jalan Sam Ratulangi – Jalan HOS Cokoraminoto dan seterusnya,” katanya.

Bagi pengguna kendaraan dari arah Selatan (Sudirman) menuju ke Utara (Merdeka Barat) bisa melalui arah Jalan Sisingamangaraja.├é┬áKemudian ke Jalan Pattimura -Jalan Asia Afrika yang akan menuju ke Utara diarahkan/dialihkan melalui Jalan Pakubuwono 6 – Jalan Hang Lekir 2 – Jalan Asia Afrika – Jalan Gerbang Pemuda – Jalan Jendral Gatot Subroto – Jalan S. Parman – Jalan Tomang Raya dan seterusnya.

Pengalihan lalu lintas ini sepenuhnya akan dimulai dilakukan sore hari. Sebab beberapa titik pagelaran acara baru dimulai pada sore hari. “Penutupan total mulai jam 17.00 sampai 01.00 WIB,” katanya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin menghadiri acara disediakan kantong parkir. Lokasi kantong parkir yang disediakan ialah di Plaza Indonesia, Wisma Nusantara dan Hotel Pullman, Wisma Antara, Jakarta Theater, Gedung Jaya dan IRTI Monas. Kemudian Komplek Gedung MidPlaza, Plaza Permata, Wisma Mandiri, Plaza BII, Menara Sudirman, Gedung Artaloka dan Wisma BNI 46.

Kantong Parkir selanjutnya tersedia di Menara BDN, Gedung Menara Multmedia, Point Cafe, Gedung Sapta Pesona, Gedung Indosat, Kementerian ESDM, Gedung Wisma 46 dan The City Tower.

Selanjutnya di Grand Indonesia. UOB Plaza, Gedung The Landmark, Graha Mandiri/Mandiri Syariah, Jalan Kebong Kacang on street, Gajah Mada Plaza, Duta Merlin Plaza, Monas Stasiun Gambir dan Gedung Sarinah.

Ada juga di Jalan Imam Bonjol on street, Lembaga Ketahanan Nasional, Perpustakaan Nasional RI, Kementerian Perdagangan RI, Unika Atmajya, Parkir Timur Senayan dan Kementerian PAN RB.

Dari puluhan titik kantong parkir tersebut, tersedian slot parkir mobil sebanyak 21.259 parkir dan 13.128 parkir motor dengan total keseluruhan 34.387 kantong parkir.