Pengamat: Sebaiknya Anies Perlu Banyak Belajar Soal Teknologi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA –  Baru-baru ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab sindiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal kebiasaan eksekutif melakukan studi banding ke luar negeri. Anies kemudian menyinggung soal kemampuan berbahasa internasional atau Inggris penting untuk pemimpin yang berangkat ke luar negeri.

Menanggapi hal ini Pengamat Politik dari Emrus Corner, Emrus Sihombing mengatakan bahwa kemampuan bahasa internasional bukanlah menjadi syarat mutlak bagi para pemimpin untuk melakukan studi banding atau kunjungan kerja ke luar negeri. Ia memberikan contoh, orang Jepang misalnya, tentu mayoritas tak fasih Bahasa Inggris, tapi negara ini justru berkembang dan maju hingga kini.

Sebenarnya yang paling penting adalah bagaimana para pejabat dari sini mempromosikan dan memaparkan hasil kinerjanya yang baik saat kunjungan ke luar negeri. Atau memberikan laporan atas kunjungannya ke luar negeri, baik soal dana yang digunakan di sana dan juga memaparkan efek dari hasil studi banding bagi kemajuan daerahnya.

”Justru itu lebih bagus dari pada bahas soal kemampuan bahasa asing. Misalkan setelah kunjungan kunjungan ke luar negeri, pak Anies perlu memaparkan hasil dari kunjungan tersebut dan efeknya bagi Jakarta,” kata Emrus kepada Mata Indonesia News, Sabtu 17 Agustus 2019.

“Misalkan Jakarta sudah cukup plural kah? Atau sudah lancar dari kemacetan? Atau sudah cukup bersih?  Atau sudah jadi top kota wisata yang sudah dinikmati masyarakat dunia internasional?,” ujarnya menambahkan.

Dan soal kunjungan ke luar negeri, ia mengatakan hal tersebut bukan sebuah keharusan, kecuali ada penandatanganan perjanjian kerja sama atau MoU tertentu. Karena di samping menghabiskan banyak dana, belum tentu hasil kunjungan tersebut bisa diaplikasikan bagi kemajuan daerahnya.

Menurut Emrus, alangkah baiknya dana itu dipakai untuk memberdayakan para masyarakat kecil, misalkan membantu para pengemis yang masih banyak di Jakarta. Atau bisa dipakai untuk kegiatan lain yang lebih berguna di dalam negeri dan untuk mengetahui kondisi negara lain kan bisa dilihat lewat smartphone, sekarang teknologi sudah kian berkembang.

Lebih lanjut Emrus juga mengatakan bahwa pernyataan Anies soal kemampuan bahasa asing tersebut mencerminkan pola pikir yang masih konvensional atau gaya lama sebelum teknologi berkembang seperti saat ini. Maka ia menganjurkan agar Anies perlu banyak belajar soal perkembangan teknologi.

“Dulu kan kita belajar bahasa Inggris lewat buku atau dari papan tulis. Nah, sekarang sudah begitu banyak pilihan untuk belajar bahasa asing. Bahkan banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mempermudah dalam belajar bahasa asing. Pak Anies perlu banyak belajar soal ini,” ujar dia.

Di sisi lain, dia mengapresiasi salah satu upaya Jokowi selama ini yang juga fokus pada perkembangan teknologi informasi dan juga mendukung rencana Jokowi untuk mengembangkan SDM di periode kedua ini. Ia menilainya sebagai suatu langkah positif bagi Indonesia ke depan. “Dan saya yakin paling lambat sepuluh tahun mendatang mayoritas warga Indonesia pasti sudah fasih berbahasa Indonesia,” kata Emrus.

 

 

 

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini