Pengamat: Mendekati Pilpres 2024, Bisa Saja PAN Dorong Tokohnya untuk Bersaing

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pengamat politik dan pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menilai bahwa Partai Amanat Nasional (PAN) bisa mendorong tokoh-tokohnya ketika mendekati momentum pemilihan presiden (pilpres) 2024. Meski ada tiga nama kuat seperti Prawbowo, Ganjar, dan Anies Baswedan yang selalu berada di posisi teratas dalam beberapa lembaga survei, PAN tetap berkeinginan untuk mengusung kader dari partainya.

“Ya kalau ditanya sekarang ya mungkin tiga orang itu, ya bisa saja,nanti kalau sudah dekat-dekat bisa saja dengan tokoh PAN yang ada didorong minimal sebagai cawapres,” kata Hendri kepada Mata Indonesia News, Selasa 11 Mei 2021.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menegaskan bahwa dalam tiga tahun sebelum Pilpres 2024, hanya kecil kemungkinan ada nama lain yang mampu menandingi Prabowo, Ganjar, dan Anies.

“Apakah ada pemimpin baru yang akan timbul ujug-ujug dalam kurun waktu tiga tahun ini dan akan mengungguli top three yang ada saat ini yang selalu disebut-sebut? Menurut hemat kami sebagai seorang politisi dan mohon bisa dikoreksi, rasanya kansnya tuh, agak relatif kecil,” kata Eddy.

Meski demikian, Eddy menilai bahwa Pilpres 2024 bisa menjadi ajang bagi parpol untuk mengusung kader sendiri, termasuk PAN. Mengingat, dengan mengusung kader sendiri partai bisa mendapatkan manfaat yaitu efek elektoral.

“Bagi partai politik merupakan privilege, merupakan kebangaan, dan prioritas jika kita mampu mengusung kader sendiri di dalam perhelatan pilpres karena mesin partai akan bekerja ekstra keras, semangat kader-kadernya tinggi sehingga efek elektoralnya sangat terasa bagi partai politik,” kata Eddy.

Namun, Eddy menegaskan bahwa partainya tetap melihat situasi ke depan dan tetap realistis terhadap kondisi yang ada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini