Pengamat: Bulan Ini BI Harus Setop Turunkan Suku Bunga Acuan!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ekonom Bank BTN Winang Budoyo meminta agar Bank Indonesia (BI) sabar dan menahan suku bunga acuan atau BI 7 Days Repo Rate bulan ini, mengacu pada kebijakan The Fed.

Menurut Winang, sebaiknya suku bunga acuan tetap terjaga pada kisaran 5,0 persen. Alasannya, kondisi internal yang relatif stabil seperti terjaganya inflasi, peningkatan cadangan devisa dan surplus neraca dagang Oktober 2019 adalah sisi eksternal yang harus dipertimbangkan.

“Bulan ini, BI akan setop dulu menurunkan suku bunga acuan,” kata Winang, seperti dikutip dari Bisnis.com, Rabu 20 November 2019.

Lebih lanjut, Winang menjelaskan, saat ini sinyal less hawkish The Fed membuka peluang bank sentral AS itu masih akan menahan suku bunganya. Winang menilai Bank Indonesia perlu menahan suku bunga seiring dengan sikap The Fed.

Dengan total pemangkasan sebesar 100 basis poin, Bank Indonesia perlu menahan dulu suku bunga acuan untuk menanti hasil transmisi kebijakan ini mulai tahun depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini