Peneliti Temukan Tanda-tanda Keberadaan Air di Pluto

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Secara mengejutkan, para peneliti menemukan adanya potensi keberadaan air yang melimpah di permukaan Pluto. Hal itu terbukti dari penemuan amonia yang merupakan tanda-tanda keberadaan laut.

Permukaan es di Pluto yang terdapat amonia itu mengindikasikan adanya lautan tersembunyi yang kaya dengan garam dan material lainnya yang mampu menjadi sumber kehidupan.

“Ini kejutan luar biasa. Artinya akan banyak kejutan yang menunggu di bagian tata surya kita,” ujar Planetary Scientist dari NASA Ames Research Center, Dale Cruikshank, seperti dikutip dari Science Alert, Jumat 31 Mei 2019.

Data amonia itu datang dari wahana antariksa New Horizons yang melewati Pluto pada 2015 lalu. Dari data tersebut, peneliti lalu fokus pada pengamatan permukaan yang dikenal sebagai Virgil Fossa, sebuah daerah yang berada di celah besar.

Peneliti memilih untuk fokus di area tersebut karena hasil penelitian sebelumnya menyebut celah tersebut muncul karena aktivitas vulkanik. Selain itu, warna permukaannya yang merah kecoklatan juga diduga berasal dari adanya amonia di permukaan planet. 

Temuan ini juga mengindikasikan adanya gunung es yang mirip dengan gunung berapi di Bumi. Jika gunung berapi di Bumi memuntahkan lava, maka gunung es ini memuntahkan air dan amonia yang tersembunyi di bawah tanah ke permukaan. 

Gunung es atau yang dikenal sebagai cryovolcanic ini yang diperkirakan sebagai cara untuk mendistribusikan amonia ke penjuru permukaan Pluto. 

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini